Rabu, 03 Agustus 2011

Pengumuman Tentang Hilal Ramadhan al-Mubarak Tahun 1432 H

Kantor Media Pusat Hizbut Tahrir

Tanggal : 29 Sya'ban 1432 H/30 Juli 2011

Tentang Hilal Ramadhan al-Mubarak tahun 1432 H

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدىً لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ وَمَنْ كَانَ مَرِيضاً أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS al-Baqarah [2]: 185)

Segala puji hanya bagi Allah; shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah saw, kepada keluarga Beliau, para sahabat Beliau, orang yang loyal kepada Beliau serta mengikuti Beliau, menyusuri jalan Beliau dan menjadikan akidah Islamiyah sebagai asas pemikirannya, serta hukum-hukum syara' sebagai standar bagi perbuatan-perbuatannya dan sumber bagi hukum-hukumnya. Amma ba'd.

Imam al-Bukhari telah mengeluarkan di dalam Shahihnya dari jalur Muhammad ibn Ziyad, ia berkata, "Aku pernah mendengar Abu Hurairah ra. Berkata: "Nabi saw bersabda" atau "Abul Qasim saw bersabda":

«صومُوا لِرُؤْيَتِهِ وأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُـبِّيَ عليكُمْ فأَكْمِلُوا عِدَّةَ شَعْبانَ ثلاثين»

Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berbukalah kalian karena melihatnya, dan jika tertutup mendung maka genapkanlah bilangan Sya'ban menjadi tiga puluh hari.

Setelah mencari dan memonitor hilal Ramadhan malam ini, malam Ahad, maka hilal tidak terlihat dengan rukyat yang syar'i. Karena itu, besok Ahad adalah hari penggenapan bulan Sya'ban dan hari Senin (1 Agustus 2011) adalah hari pertama Ramadhan al-Mubarak

Bertepatan dengan itu, Amir Hizbut Tahrir, al-'Alim 'Atha' bin Khalil Abu ar-Rasytah hafizhahullah menyampaikan ucapan selamat kepada Anda dan seluruh anak-anak umat Islam yang mulia dengan datangnya bulan Ramadhan al-mubarak … Seraya memohon kepada Allah SWT agar memberikan karunia kepada kita di dalam bulan penuh penuh keutamaan yang diberkahi ini dengan karunia tegaknya agama Allah di atas muka bumi dan kembalinya kekuasaan umat yang telah dirampas; yaitu melalui tegaknya daulah al-Khilafah yang akan menghilangkan kezaliman dari orang-orang yang terzalimi, memberikan keadilan kepada orang-orang yang tertindas dan menerapkan syariah Allah seperti yang Dia sukai dan ridhai, sesungguhnya Dia adalah penolong dalam hal itu dan yang Maha Kuasa atasnya …

Begitu juga saya sampaikan kepada Anda semua ucapan selamat dari Direktur Kantor Media Pusat Hizbut Tahrir dan seluruh aktifisnya, seraya memohon kepada Allah agar menjadikan kita termasuk orang-orang bertakwa, dengan bulan yang penuh keutamaan ini; dan agar menjadikan kita termasuk orang-orang yang menyaksikan malam Lailatul Qadar dan meraih pahalanya serta menghantarkan kita di hari Idul Fitri, sementara kita berada dalam kemuliaan, kekuatan dan kesentosaan … Allahumma amin.

Wahai Kaum Muslim di mana saja

Kami memohon kepada Allah SWT agar menerima puasa dan qiyamul lail, ruku', sujud dan seluruh amal kita dan kaum muslim semuanya. Kami juga memohon kepada Allah agar mengantarkan Idul Fitri kepada Umat Islam dan Allah telah memuliakan Umat Islam dengan seorang Khalifah yang adil dan mendapat petunjuk; yang umat jadikannya pelindung dan berperang di belakangnya … memimpin umat dengan kitabullah dan sunnah Rasulullah saw … dan hal itu bagi Allah yang Maha Perkasa adalah mudah.

Wahai Kaum Muslim di mana saja

Sebagai penutup release temporer hari ini terkait dengan pencarian dan monitoring rukyat hilal bulan Ramadhan, kami ingin sampaikan agar menjadi perhatian Anda semua bahwa Kantor Media Pusat Hizbut Tahrir telah menyiapkan program siaran khusus untuk Ramadhan, Kami memohon kepada Allah SWT akan kebaikan di dalamnya dan agar Anda semua menghabiskan waktu yang bermanfaat di dalam ketaatan kepada Allah SWT.

Semoga Allah menerima ketaatan kami dan Anda semua.

والسّلامُ عليكُمْ ورحمةُ اللهِ وبَرَكاتُه

Malam penggenapan bulan Sya'ban 1432 H

.
Kantor Media Pusat Hizbut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar